Langsung ke konten utama

Tetep Pede Punya Wajah Asimetris

 



Sebelum baca semua postingan ini, go searching "How Deep Is Your Love?" song yesss~ sambil ngaca plus senyum juga kece tuh kayaknya :') And the moment that you wander far from me.. I wanna feel you in my arms again~ And you come to me on a summer breeze...And it's me you need to show how deep is your love? *Yehee, sontrek baru kalo lagi kzl smaa diri sendiri setelah lagu Bang Jovi, It's My Lifeee~

Dibilang intovert nggak, ekstrovert apalagi, ambivert, hmm gak yakin. Selama Covid udah berapa kali yes ngeluh "bosen banget", "boseeen, boseeen" yang dikeerjain itu lagi, ketemunya ma yang itu itu terus. Tapi inget satu temen kenal di kanal maya "anggap aja istirahat mbak, sekalian belajar hal baru". Hm iya, ughaaa.

Karena jam kerja ngurang biyangets, jadi jam nganggurnya aku gunain buat ikutan webinar, mungkin tahun kemarin kalau ada award Miss Webinar, gw menang kali :') hahaha. Biasanya demen ngikutin webinar tentang Psikologi; self improvement dan semacemnya sama karena aku lagi aktif ngonten so ikut aja webinar tentang konten kreator related. Hasilnya banyak dapet insights tanpa harus ambil 'SKS' panjang :'). 2 hari aku nonton YT chanel Perempuan Gagal-nya mbak Ayu Kartika Dewi  ! dan kemarin diajakin sama Dian buat ikutan #NoWorriesWithBeautyJournal! Of course karena doyan curcol aku ikutan~

Kalau kalian beberapa hari lalu liat story ku yang pamer muka asimetris~ Perasaan dulu tuh waktu masa-masa di sekolah belum keliatan asimetris sik. Pas masuk zaman kuliah baru deh "eh ini kok muka gw kek miring?", Lama-lama kayak nambah keliatan aja tub miringnya antara rahang kiri dan kanan.

Sempet "duh gak banget muka aneh begini, kalo orang-orang liat gimana? Jelek banget, kalau di foto close up apalagi" (walaupun sekarang aku masih suka foto hadap kanan :'), nutupin pake rambut lah~ terus mulai dah cari-cari kenapa muka bisa asimetris dan nemuin pada dasarnya mula manusia tuh emang asimetris cuma kadar asimetrisnya berapa persen itu yang bikin beda.

Selain itu juga nemu kalau asimetris di rahang tuh bisa jadi karena masalah kelenjar getah bening, Bell's Palsy :') finally karena takut sesuatu yang serius aku beraniin diri *waktu kuliah sik* buat general check up hasilnya bersih gak ada masalah apapun. Lega abis itu dongs, tapi pas ngaca mulai deh "hih aneh banget" lanjut searching artis-artis yang punya muka asimetris biar ngerasa "me not alone" ternyata cukup ada banyaaa.

Kalau sekarang-sekarang sedikit masih sih kayak  "duh foto hadap kanan ajalah biar enak diliat", "tutupin ah pake rambut or something biar gak keliatan jelas" karena body positivy w/ self acceptance butuh waktu puanjang... Ada yang ngerasa gini juga sik sama kekurangan yang dipunya? Btw, kemarin pas nge-instastory-in muka asimetrisku ternyata banyak respon dari temen-temen yang punya wajah asimetris dan denger short story mereka gimana ngehadapinnya cukup bikin "hwaitiing!" 

PINGIN PERFECT tapi GAK bisa MENGUASAI kondisi. Insecurity bisa di mulai dengan nanemin rasa percaya diri, berani, siap, nekat *ngutip kata mbak Ayu Kartika Dewi (Stafsus Kepresidenan yang sekarang lagi jadi idolaku kebeneran seneng sama pemaparannya yang related banget gak ngawang-ngawang teoritis gitu deh, kalian bisa nonton YT chanel-nya: Perempuan Gagal)


Kenapa sik ini insecure mulu?

• insecure itu sebenernya hal yg alamiah, wajar ada di manusia karena ada si "kemampuan kognitif" alias berpikir lama-lama numbuh jadi pemikiran A, B, C di setiapmanusia dan hasilnya bakal menghasilkan perasaan. Cuma setiap orang punya pemikiran yang beda-beda ada yang baper kek acuuu, ada yang sabodo teuilah urang, ada yang "oh iya.. whoa sabar ya" dll.

Dannn, KALAU DIPUPUK terus-terusan bakal jadi OVERTHINKING, ANXIETY. "Jelek banget deh ini pipi sama rahang sebelah kiri gw kek bengep yang kanan bagus, pasti orang aneh deh liatnya" karena masih sering aku, kita nih.. mikir cara ngendaliin perasaan, pemikiran orang lain, padahal cuma kita sendiri yang bisa dikendaliin sama diri kita sendiri~ ✓ BE YOUR SELF!


Gimana sik ngadepin rasa insecure, gak pede, biar gak membandingkan mele?


"Kalau madep kiri asimetris gw keliatan, apalagi kalau close up :("

1. Berani, nekat... Hah, gimane tuh?

Berani memulai nanemin "body positivy" yeps belajar ngubah pikiran negatif jadi lebih baik dan jauh sehat secara fisik, psikologis; menerima segala jadi kerasa lebih bersyukur terus mikir tubuh kita 'sempurna' dengan segala bentuk kelebihan dan kekurangan tuh ya emang ada di gw, di lo, di mereka dengan tetep mementingkan kesehatan. Karena 'kecantikan' alias kesehatan mental juga gak kalah penting.

"Everthing Gonna Be Worth it, kita punya kebaikan dan keburukannya masing-masing"


"Kecantikan adalah perpaduan antara sempurna dan tidak sempurna"

Well, sebelum ke tahap selanjutnya kita cari tau dulu yes awal mula "body positivy" itu kayak gimana? Awalnya karena ada marak 'fat shamming' (1960) ke rangorang yang berat badannya lebih lalu muncul deh gerakan buat men-stop fat shamming ini terbentuklah National Association to Advance Fat Acceptance tahun 1969, nah pas tahun 1996 seorang Psikoterapis punya pasien gangguan makan kerjasama bikin website bodypositive.org yang isinya ngasih info edukasi  baru deh namanya jadi untuk orang-orang yang gak nyaman sama bentuk badannya nah jadi deh 'body positivity'!


2.  Temuin tujuan hidup kita tuh apa, klise ya?

Ngutip kata mbak Ayu Kartika DewiDlagi nih "gapapa kok kalo kita belum nemuin tujuan hidup kita tuh apaa, itulah kenapa kita harus berani, nekat *tetep sedia kuda-kuda IMHO* ngelewatin berbagai "jalan" supaya ketemu tujuannya, manteb yes? Belum nemu tujuan hidup, tenang aja yang penting gerak, berproses, berjalan ke step step selanjutnya.

Gini gw suka mikir "hm, pemaparan si Mujaer keren banget, sayang gw gak sepinter dia"

"Gilss, cakep banget si Maemun, gw disebelah dia udah kek serpihan Meteor Garden :')" *lah

Aku ubah jadi "Oiya, tujuan gw kan yang penting baik ke semua orang, bantu yang lagi butuhin tapi tetep dalem kapasitas kemampuan gw (gak jadi people pleaser INGET! = asal semua orang mau temenan ma gw, seneng ma gw). Toh selama ini gw udah baik sama orang lain" *awas jangan berlebihan juga ntar nimbul masalah narsisme lagi :')

 


Sumber: 





Komentar

Karina Herdani mengatakan…
Gue juga suka ngga pede karena ketidaksimetrisan muka hehe. Ya tapi bersyukur saja seengaknya masih bisa dikasih hidup hehe
aprlcamera mengatakan…
Ku juga nih pernah, tapiii ya alhamdulillah diciptain sama Allah begini. Yang penting hati kita mah harus baik😁😁
Wiji mengatakan…
Aku pernah berada dalam masa insecure takut kalo jadi gemuk. Sampe tiap hari minum serat sintetis dan dimarahin sama orang tua. Pada akhirnya belajar untuk nggak peduli omongan orang sih. Terus mencari orang atau teman yang menerima diri kita apa adanya *ceilah*
Melissa Olivia mengatakan…
Daripada wajah asimerris, aku dulu lebih insecure karena aku punya skoliosis hahaa.. mana dl temen sepermainan gak ada yg kayak aku. Eh pas masuk ke dunia nyata dan sharing ttg skoliosis ternyata banyak juga yg mengalami hal serupa. Semangat git,asal kita bisa self love dan percaya diri, kekurangan itu ga bakal kelihatan banget kok
Dian mengatakan…
akuuuu rahang kanan kiri nga sama, gigi melengkungnya ga sama atas-bawahh, skoliosis iya keknya, ahhaha banyaaaak. selama itu belum bisa diubah yoweslah yaaa, fokus ke apa yg bisa dipoles dulu wkwk. :")
sausan mengatakan…
rahang aku juga bedaaa! jadi makin sadar waktu foto pake front camera dan di mirror jadi beda banget ternyata 🤣 tapi yaudah gapapa i love myself 🥺🥰
Ellyzabeth mengatakan…
Sama banget, kalau aku yang tidak simetris bagian mata.. mata kanan dan kirim beda banget hahaha. But aku tetap berusaha pede hahaha
yourwilddaisy mengatakan…
Wajahku juga asimetris, I already told u before wkwkwkwk makanya kalo foto kayak suka angle itu2 aja, kalo hadap depan bisa kelihatan banget.
Natra Rahmani Salim mengatakan…
Aaah githa... akupun punya permasalah yang sama terutama di area gigiku dan sisi wajahku kyaknya ada yang gak pas. Awalnya makes senyum tapi lama kelamaan senyum itu kan ibadah apalagi sumringah posenya... jadinya sudah aku terima kalo itu malah nambah kecantikanku 🤩

Postingan populer dari blog ini

Tips Kulit Sehat Scarlett Whitening

  Pantesan ya rangkaian Scarlett ini viral banget karena efek mencerahkannya bener-bener no tipu-tipu. But.... karena aku tim gak gampang keracunan kalau belum coba sendiri performanya di kulitku so finally karena penasaran aku coba beberapa series dari Scarlett. Anw, tenang aja aku gak bakal bilang "White is beautiful". Nope kok, tapi lembap, cerah, dan terawat is a sign kulit yang sehat~ Pssst, doi ini produk lokal lho~ kalau kalian liat di label sticker-nya ada "Felicya Angelista" yeps karena ownernya itu milik artis Felycya Angelista~ Oiya kemarin aku sempet dapet pertanyaan dari temenku "Scarlett aman gak sih btw?", Chill~ semua produknya Scarlett ini udah BPOM tandanya sah beredar dengan regulasi yang ditetapkan, so aman ya~ Selain itu, Scarlett juga gak pakai metode ujicoba ke hewan, alias Animal Cruelty free!  Kemasannya pun cukup handy jadi gampang dibawa-bawa, yang paling aku seneng handbody Scarlett ini ada  lock- unlock-nya yang bisa dilepas p

Acne Clear Glass Skin Tinka Serum Review

  "Kak ada rekomen serum yang murah gak sih buat mencerahkan?" "Gith, ada serum yang oke gak buat jerawat?". Beberapa hari belakangan aku suka dapat DM serupa.  Jujur, sekarang banyak brand lokal yang berani bersaing segi bahan, formulasi, dan harga yang ditawarkan. Contohnya kayak Tinka Beauty Series ini! Kalau kalian inget aku tuh dulu pernah nge-rave produk Tinka: moisturizer dan tonernya yang aku favoritin poll karena efeknya yang bisa mendobrak "gak semua produk underrated tuh gak oke tauuuu". Yeps, sedih waktu pertama kali coba rangkaian basic skincare dari Tinka yang menurut ku oke tapi orang-orang belum banyak tau, sama halnya waktu coba dua serummya ini~ sama-sama oke buat ukuran serum harga kantongku (under 150k!) Kalau soal oke gak oke sifatnya subjektif gimana kita ngartiin produk yang cocok or nggak sama kulit kita, dan gak semua perspektif bisa dipaksain, ya gak sih? Di si A gak cocok lalu dia bilang gak oke, ya kenapa? Si B cocok bilang oke,

Sensacion Shower Cream

  Poin ++ banget di usia yang mulai renta, mana kulit dry dehydrted tapi kulit gak kisut krontang. Yuhuuu, mau spill body wash yang bisa bikin bersih, harum, lembap, dan cerah! Udah ada berapa tuh ges + nya? Kalau kemarin pas very first impression pada angkat suara sabun susu embek itu endull di body karena mengandung Protein, Vitamin A, dan D! Yang dabest buat anti aging-antioxidant, ngurangin peradangan di kulit. Yesh! Bener sih, setelah masuk mau 2 minggu pakai Sensacion yang Secret Blush dan Scarlet Dreams ini rasanya beda waktu 1,2-3x pakai, tau nggak bedanya apa? Gini juga gak sik kalian butuh waktu buat emang tau bener-bener jodoh ato nggak sebenernya kita tuh? *Eh.. Lanjottt yok! Kalau di awal pakai masih kerasa sedikittttt kesat CUMA DI BEBERAPA MENIT AWAL~ sekarang-sekarang nggak malah buat ukuran sabun dia moisturizing enough! Cerahnya gimana? Karena ini sabun bukan dukun jadi butuh ber.pro .ses~ Texture wise Sesuai klaim shower cream yang umumnya berbentuk cream and so y