Langsung ke konten utama

Acne Clear Glass Skin Tinka Serum Review

 


"Kak ada rekomen serum yang murah gak sih buat mencerahkan?" "Gith, ada serum yang oke gak buat jerawat?". Beberapa hari belakangan aku suka dapat DM serupa. 

Jujur, sekarang banyak brand lokal yang berani bersaing segi bahan, formulasi, dan harga yang ditawarkan. Contohnya kayak Tinka Beauty Series ini! Kalau kalian inget aku tuh dulu pernah nge-rave produk Tinka: moisturizer dan tonernya yang aku favoritin poll karena efeknya yang bisa mendobrak "gak semua produk underrated tuh gak oke tauuuu".

Yeps, sedih waktu pertama kali coba rangkaian basic skincare dari Tinka yang menurut ku oke tapi orang-orang belum banyak tau, sama halnya waktu coba dua serummya ini~ sama-sama oke buat ukuran serum harga kantongku (under 150k!)

Kalau soal oke gak oke sifatnya subjektif gimana kita ngartiin produk yang cocok or nggak sama kulit kita, dan gak semua perspektif bisa dipaksain, ya gak sih? Di si A gak cocok lalu dia bilang gak oke, ya kenapa? Si B cocok bilang oke, terus mau bilang gimana coba? Mau pakai skincare harga jutaan dengan formulasi serba terkini, bahan yang punya sisi eksklusivitas tapi di kulit gak cocok, hayo? hahaha. 

Yuk ah, dah panjang lebar ngantuk.. aku mau spill, pengalaman ku pakai Acne Clear dan Glass Skin Tinka Serum! 

a c n e c l e a r s e r u m : 

Langsung aja deh
gas! Ini perfecto banget kalau dipadupadanin sama clay mask ber-scrub! Kenapa? 

Bentar dong, aku spill dulu ah gimana sih 'habit' kerja nya si Acne Clear serum di aku! Seru ini super gentle di kulitku meskipun BHA 2% hm bisa jadi karena aku udah upgrade pakai aktif BHA di level 5% deh ditambah Acne Clear ini punya bahan-bahan yang menghidrasi plus meredakan kemerahan dengan cara menenangkan kulit kayak Centella Asiatica, dan Allantoin yang bisa menghidrasi so kadar air dalam air akan tercukupi dengan efek akhir kulit jadi lebih elastis plus lembut karena pori-pori 'lebih berisi' dengan daya terhidrasi yang baik! 

k l a i m :

✓ membersihkan pori dan membantu angkat sel kulit mati

✓ menangkan kulit sekaligus membantu mengurangi parahnya peradangan di kulit

✓ membuat kulit menjadi lembut.

p e n g a l a m a n  p a k a i :

Aku pas awal mikir "duh teksturnya tipekal yang gel-ish banget, wua gimana pori akuuuu?".. Soalnya beberapa kali pakai serum yang teksturnya serupa selalu berakhir clogging.. 

Alhamdulillah, pas awal pakai tuh aku rutin pakai 5 harian gitu, sebenernya aku gak ngerasa bikin drying di kulit sik cuma aku inget baru 'renew' motivasi step skincare, hahahaha. No rutin BHA is okay 2-3hari rutinnya itu pun kalau jerawatnya udah ngeroyok (banyak banget) itu pun harus didampingi sama calming product, dan moisturizer yang 'pas' gak kurang gak berlebihan. 

Tapi emang dasar formulasinya si Acne Clear Tinka ini gak bikin kulit kering ya, jadi aman aja, so tetep sih aku gunainnya as exfoliates produk buat 2-3 hari pemakaian! 

Karena dari segi daya kerjanya aku lebih suka jadiin dia exfoliates serum atau acne spot serum? Why?? 
Dia ini cara kerjanya bantu ngempisin jerawat (waktu itu aku lagi ada jerawat aktif, berukuran sedeng, memerah dalam waktu kurun 2-3 hari itu mulai jendolan jerawat agak menyusut, kemerahan berangsur berkurang)

Hal tadi masih terjadi kalau aku pakai dia untuk slot exfoliates dengan cara pakai setelah facewash-an, dalam keadaan kulit masih lembap, aku langsung pakai serum ini 3-4 drops lalu didiemin 15-20menitan, ini sumpah sih didiemin pun gak ada rasa khas pakai serum exfoliates yang bakal kerasa narik-filmy gitu.. malah lembap kayak pakai hydrating serum yang daya hidrasinya superb intens~

Ah iyaaaa pas dipakai tuh emang terasa filmy sedikit tapi cara dia nge-seal (filmy) di sini lebih ngasih sensasi 'kenyang' di kulit! 

Dan after 2-3 hari setelah exfoliates semisal ada jerawat aku jadiin dia sebagai acne spot serum (dan butuh 3-5 harian untuk progress bantu kempisin dan matengin jerawat) atau kalau aku lagi niat no BHA for daily usage, tinggal switch aja deh sama si Glass Skin Serumnya karena ada 10% Niacinamide di dalamnya.

Well, tadi aku sebut aku lebih suka jadiin si Acne Clear serum ini untuk pemakaian weekly aja karena dia bantu ngeringin bruntusan whiteheads-ku  dengan 'habit' angkat whiteheads-nya ke permukaan dan jadi mengering dan agak sedikit going to dehidrasi gitu kalau dipakaiin secara rutin ke seluruh 1 spot penuh (konteks area spot dahi ya). Makanya aku memilih Glass Skin Serum buat pemakaian setiap hari! 

Oiya pas aku rutinin pakai ini, beneran less oil gitu kulit, jadi wajahku cenderung velvet gitu, less oiy tapi gak bikin kering cuma aku ngerasanya dari dalam kulit tuh berasa lembap kecuali bagian dahi yang ku sebut tadi...

t e k s t u r  a r o m a :

Teksturnya gel transparan, the real gel (thick gak runny gitu) tapi dia juga watery, aku mikir selain main function nya bisa membersihkan pori aku juga kalau formulasinya tuh bisa ngasih hidrasi yang mendominasi, intens gitu. 

Aromanya sedikit wangi Bergamot~

Kulit terasa berisi, pas diblend ada licin-licin (bukan kayak khas Emolien ya) karena fix sih ini more moree water based serum, lalu kelamaan after diratain, kulit jadi velvet powdery. Oiya finishnya glass skin ya tapi kelamaan pori-pori tuh jadi sedikit blurring gitu lho~ ahh happy nya..


Yeps kulitku jadi smooth, lebih bounchy daripada sebelum pakai serum, gak becek di kulit karena rasanya tuh kayak agak matte meskipun bukan yang mattifying gicuu (gampangnya kayak sedikit keset karena bisa ngontrol sebum nya juara! But at the same time kulit juga lembap dari dalam) Gak kopong karena gak cuma lembap di luar! 

k o m p o s i s i :


Aqua, Butylene glycol, Centella Aciatica Extract, Salicylic Acid, Methyl Propanediol, Peg/ppg/polybutylene glycol-8/5/3 glycerin, Propylene Glycol, Amylopectin, Dextrin, Propanediol Xanthan gum, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Maclura Cochinchinesis Leaf, Prenylflavonoids, Phenixyethanol, Hydroxyethylcellulose, Allantoin, Disodium EDTA, Triethanolamine, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Lavandula Angustifolia Oil. 

g l a s s k i n s e r u m :

Well sekarang move to Glass Skin Serum ya! Aku gak tau lho awalnya ini tuh Niacinamide 10% soalnya no berasa efek negatif apapunnn~ sama hal nya kayak Acne Clear dia berasa lembap tapi kalau Glass Skin rasanya lebih ringan, jadi no rasa 'berisi di kulit' hm aku gak bisa bilang dia gak ada efek menghidrasi secara mendalam ya, tetep wehhh berasa menghidrasi dari dalam.

Bentar aku mau mention dulu ini kayaknya kulitku bisa berasa lembap - terhidrasi lebih tepatnya karena di dalam serum ini mengandung Vitamin B5 dan Hyaluronic Acid yang bantu menghidrasi kulit, dengan kadar yang cukup kulit kita tuh bisa berfungsi maksimal: lebih elastis, kenyel, lembap dan keliatan kinyis-kinyis (garis halus agak tersamarkan) karena gak berkerut alias kalau kita cubit kecil bagian kukit tuh bakal balik cepat kayak semula, yakan kalau kulit elastis tuh~ *moga paham yes

k l a i m :

✓ Membantu membuat kulit jadi halus secara tekstur.
✓ mencegah kulit kusam
✓ mencerahkan kulit wajah
✓ menyamarkan noda hitam
✓ menjaga kondisi skinbarrier tetap di level maksimal.

p e n g a l a m a n  p a k a i :

Love it banget pokok e polll!!! Why? Karena signifikan banget progress nya dari hari pertama aku pakai Glass Skin, bruntusan berisi whiteheads pada gone dengan caranya mengempis, beda cara kerja sama si Acne Clear yang memunculkan 'kotoran' ke permukaan lalu lama-lama jadi mateng mengering.

Selain bikin bruntusan ku ilang, tetap ya Niacinamide di aku efek yang paling bisa dirasa daya kontrol produksi minyak di kulitnya, aku ngerasain setiap pakai ini di pagi or malam skincare routine, biasanya kalau pas beberapa jam setelah skincarean pasti suka rada hinyai karena sunscreen ku yang thick poll dan kalau pagi-pagi langganan oily di bagian idung ini aman, gak kering tapi lebih ke velvet skin (gak hinyai, kulit gak basah tapi beras lembap) tapi velvet effect nya ini gak se-velvet pas rutin pakai Acne Clear almost semingguan~

Bisa dibilang aman lah ya? Karena kan si Glass Skin ini aku pakai tiap hari mostly di malam hari~ dan ada efek calming jerawat aktif (kemerahan going to radang) dengan kasih efek ngurangin sedikit kemerahannya (gak instan ya) dan 'konsistensi' jadi gak terlalu kenceng keras pas aku sentuh sebelum dan sesudah aku pakaiin serum ini!

Buat mencerahkan? Glass Skin lebih bantu nyamain warna kulit, untuk noda jerawat aku belum liat progress signifikan selama pemakaian 2 mingguan ini, yang bikin aku happy pas kulitku lagi ngambek muncul inflamasi kemerahan Glass Skin bantu bikin 'tenang' kulit secara pelan-pelan, plus tampilan pori kulit lebih bersih cerah, (cerah karena bersih) gak kusam gitu.

t e k s t u r  d a n  a r o m a :

Buat Glasskin teksturnya gel bening tapi lebih cair dan runny ketimbang si Acne Clear yang lebih kental. Buat aromanya kalau selewatan tuh sama cuma kalau diirup lebih dalam, Glass Skin punya aroma semilir bunga mawar yang tipis-tipis..

i n g r e d i e n t s :

Aqua, Niacinamide, Butylene glycol, Peg/ppg/polybutylene glycol-8/5/3 glycerin, Pentylene glycol, Propylene Glycol, Pathenol, Phragmites Kharka Extract, Poria Cocos extract, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Hyaluronic Acid, Ethylhexylglycerin Fructooligosaccharides, Beta vulgaris root extract, Collagen, Hydroxyethylcellulose, Phenoxyethanol, Allantoin, Deceth-7, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Peg-26-ppg-30 phosphate, Disodium EDTA, Rose Flower Oil. 

K e m a s a n k e d u a n y a :

Well, karena keduanya punya kemasan yang sama cuma beda warna aja di bagian kardus dan sticker pada botol serumnya~

Buat desainnya cukup cantik memadupadankan gaya retro tropical gitu. Buat Acne Clear kardun bewarna biru muda sedangkan si Glass Skin bewarna merah muda~ pastinya pemilihan warna juga jadi representatif dari produknya sih aku mikirnya.

Oiya untuk safety, kedua serumnya aman banget, jadi bagian luar kardus di-sealing sama plastik, pas kita buka si botol seum pun di-sealing dengan plastik, jadi minim lah resiko deg-degan takut tumpah :')

Buat yang mau baca-baca bahan-bahan apa aja yang terkandung dalam produknya Tinka ngasih keterangan lengkap start komposisi, ukuran produk, klaim, fungsi bahan utamanya, fungsi produknya dan bahkan sampai cara penggunaanya tuh ada di botol dan kardus serumnya~

Oiya, keduanya dikemas dalam botol frosted gitu, buat Glass Skin serumnya aman ya evenr frosted glass, start baru datang sampai mau sebulan dia gak ada mengalami oksidasi, aku simpannya di tempat yang gak terkena paparan cahaya langsung dan dalam subu ruangan~

Buat pipetnya, ini terkesan sepele tapi percayalah pipet dan dropper tuh paling esensial, karet pipetnya nyaman dipegang gak bikin sakit, dan droppernya pun bisa 'nge-hook' serumnya dengan full , jadi bisa 1x press pipet, bisa dipakai buat banyak drops~


k e s i m p u l a n :

Setelah pakai Acne Clear dan Glass Skin dari Tinka, aku mikir duo serum ini saliing melengkapi sih kalau diliat dari khas efektivitasnya, yang satu untuk daily yang satunya lagi buat weekly usage.

Dan untuk Acne Clear karena gentle, i think dia masih bisa masuk one reference exfoliates serum buat para beginner  sedangkan buat Glass Skin juga masih sangat mild dan gak bikin drying atau semacamnya jadi aman banget dicoba buat yang mau mulai pakai Niacinamide dengan persentase besar.

Tapi pastiin kamu udah coba di persentase 5% ya at least meskipun serum Glass Skin ini gak bikin drying samsek :'). Best recommend buat yang punya kulit sering sensitized kayak aku, kulit nya kering sekalipun yang paling penting ini affordable poll, cuma 100ribuan aja~ gak percaya? Cek deh ke https://instagram.com/tinkabeautycare?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Pstt nanti kalau kamu udah coba beli, bisik-bisik ya kalau di kamu gimana kerjanya kedua serum Tinka ini!




Komentar

Amelia mengatakan…
Packagingnya lucu ya dan kandungannya juga banyak banget yang bermanfaat jadi pengen nyoba.
Ishmah mengatakan…
Ihhh cakepp, sekarang brand lokal pd bagus2 ya produknya😍
fawziya.com mengatakan…
Top markotop ulasan pengalaman menggunakan skincarenya😍
Unknown mengatakan…
ihhh seneng banyak brand lokal kualitas ngak kalah sama brand internasional gini😃
thanks infonya kakak
Fitria Yasmin mengatakan…
Wah..komplit banget ini kak reviewnya.. Makasih ya jd dpt info baru 😍
Unknown mengatakan…
Lengkap banget infonya, thank you for sharing Kak Githa
Unknown mengatakan…
Aseli aku skrg klo mau nyob pake skincare baru atau mau butuh rekomendasi ingetnya ka githa 😂😍
Unknown mengatakan…
Kak cita cita citaku pingin jadi tampan, semoga tercapai setelah baca blog ini
Ulfa Shiddiq mengatakan…
Aku selalu suka reviewnya kak Githa... Detail bangeet... Eeeh betewe ku jadi tau lhoh nama lengkapnya kak gith ada 3 katan
Uput mengatakan…
Wah makin penisirin sama si glass skinnya sekeren itu bisa ngilangin beruntusan dengan hasil yg memuaskan ✨
Unknown mengatakan…
Bener ya skrg tuh brand lokal keren keren..
mantap reviewnya lengkap bgt 😍
Thu Arie mengatakan…
Ulasan terniat
Anonim mengatakan…
Mantep nih lengkap infonya, kak Gith🥰🥰
akuutiara mengatakan…
Akk pas banget nih akuu lagi banyak jerawat tolongg 🥲
Atika mengatakan…
Review ka Githa emang selalu the best jd makin paham dan ngerti nihh
Hita Radhani mengatakan…
Seneng banget deh sekarang brand lokal pada keren dan ga kalah bagus kualitas sama brand luar. Masukin keranjang dulu nunggu ah😍
Hey Kurnia mengatakan…
Keren ya skincare lokal sekarang, aku pernah coba rangkaian whiteningnya, jadi pengen coba serumnya juga deh
sausan mengatakan…
waaaa aku belum pernah coba Tinka, harganya masih cukup murah dan packagingnya juga oke gini. semoga makin banyak yang tauuu 🥺
Dian mengatakan…
berarti dia bisa buat jerawat tapi bikin kering gitu ya. finishnya juga bikin kulit glowy. aku belum pernah pake 😂

Postingan populer dari blog ini

Tips Kulit Sehat Scarlett Whitening

  Pantesan ya rangkaian Scarlett ini viral banget karena efek mencerahkannya bener-bener no tipu-tipu. But.... karena aku tim gak gampang keracunan kalau belum coba sendiri performanya di kulitku so finally karena penasaran aku coba beberapa series dari Scarlett. Anw, tenang aja aku gak bakal bilang "White is beautiful". Nope kok, tapi lembap, cerah, dan terawat is a sign kulit yang sehat~ Pssst, doi ini produk lokal lho~ kalau kalian liat di label sticker-nya ada "Felicya Angelista" yeps karena ownernya itu milik artis Felycya Angelista~ Oiya kemarin aku sempet dapet pertanyaan dari temenku "Scarlett aman gak sih btw?", Chill~ semua produknya Scarlett ini udah BPOM tandanya sah beredar dengan regulasi yang ditetapkan, so aman ya~ Selain itu, Scarlett juga gak pakai metode ujicoba ke hewan, alias Animal Cruelty free!  Kemasannya pun cukup handy jadi gampang dibawa-bawa, yang paling aku seneng handbody Scarlett ini ada  lock- unlock-nya yang bisa dilepas p

Sensacion Shower Cream

  Poin ++ banget di usia yang mulai renta, mana kulit dry dehydrted tapi kulit gak kisut krontang. Yuhuuu, mau spill body wash yang bisa bikin bersih, harum, lembap, dan cerah! Udah ada berapa tuh ges + nya? Kalau kemarin pas very first impression pada angkat suara sabun susu embek itu endull di body karena mengandung Protein, Vitamin A, dan D! Yang dabest buat anti aging-antioxidant, ngurangin peradangan di kulit. Yesh! Bener sih, setelah masuk mau 2 minggu pakai Sensacion yang Secret Blush dan Scarlet Dreams ini rasanya beda waktu 1,2-3x pakai, tau nggak bedanya apa? Gini juga gak sik kalian butuh waktu buat emang tau bener-bener jodoh ato nggak sebenernya kita tuh? *Eh.. Lanjottt yok! Kalau di awal pakai masih kerasa sedikittttt kesat CUMA DI BEBERAPA MENIT AWAL~ sekarang-sekarang nggak malah buat ukuran sabun dia moisturizing enough! Cerahnya gimana? Karena ini sabun bukan dukun jadi butuh ber.pro .ses~ Texture wise Sesuai klaim shower cream yang umumnya berbentuk cream and so y