Langsung ke konten utama

Personal Branding Class Bareng Model ASTNM Cycle 5

Personal Branding Class With Valerie and Veronika TWNS Cycle 5 by Itsmybase~




•••

Yuhu, seneng banget walau nggak dapet DM PR package dari Itmybase (https://www.instagram.com/itsmybase/)hahaa *kidding yang terselubung* tapi yesh seneng dongs dapet email invitation buat join ke webinar personal branding. Jujur akutu demen banget nyimak berbau personal branding gini, mayan kan di zaman pandemic gini kalau gabut bisa ngonten, atau ya bisa diterapkan juga di daily lifes kalau mau membangun relasyiii~ Pas liat "weh bareng model model model" *ala Tyusay *bener tyda nicc ejaannyeu?* ASTNM~ FREE pula, gercep dongs cuma modal kouta bisa nambah insight. 

Well mari kita mulai rangkuman yang gw dapet selama ngikut webinar Branding Personal Class bareng Valerie Veronika TWNS yaw~

Anw, udah ada yang tau apaan sik Itsmybase? Pas ngikut webinar kemarin, gw juga baru tau kalau Itsmybase itu.. zeng zeng~ Jadi penongton~ Itsmybase itu yang aku tau sebwah brand produk personalized skincare gitu :'), dan ternyata... Itsmybase merupakan sebuah Start up Technology & Wellness di bidang kecantikan *udeh start up cuy, berasa nongton drakor yha, tapi aku belum nonton jangan nanya aku bakal mihak siapa yes!* 

           

Sebagai sebuah start up di bidang kecantikan dan juga mengeluarkan produk untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit It'smybase mengusung personalized skincare yang bisa kalian liat di website nya Itsmybase di  https://l.instagram.com/?u=http%3A%2F%2Fbit.ly%2Fitsmybase&e=ATPbOPbUuN7cqPUg6VDNgyaKS4qYdPTjwf7I6r9ub_aSR78Fc_I3BWgcvWUKxAHwYVNip87WGCjRvS94lIeM3g&s=1 dengan mengisi semua pertanyaan yang menurutku cukup detail mulai dari kebiasaan pola hidup kita sampai apa sik yang sering  kulit kita rasa, nah! nanti bakal ketauan kalau kulit kita tuh tipe apa, apa aja bahan yang kira-kira bakal cocok untuk kulit kita~ so produk yang bakal kita purchase itu sesuai dengan skintest result kita masing-masing, penasaran? cus langsung eksekusi aja ya ke websitenya! 








Again, ini juga yang baru aku tau kalau Itsmybase itu rutin mengadakan community engagement terkait how to development our self kayak webinar tentang finance, self and skill development setiap bulannya. Well, sampai sini gw yang "gila nggak sekadar cuma jualan ajaa tapi ngebantu buat ngegali wawasan, kemampuan, nambah insight juga, kewl!"

Well, back to webinar topik. Kalau ini para penonton Asian's Top Next Model pasti kenal siapa Valerie dan Veronika yesh? Twins asal Yogyakarta yang menjadi peserta di ASTNM~ Anw ternyata founder Itsmybase dan Valerie Veronika TWNS ini satu alumni, mereka sama-sama-sama jebolan ITB.

Eh ternyata genks, Valerie (https://www.instagram.com/valerie.twns/) dan Veronika (https://www.instagram.com/veronika.twns/)  TWNS ini salah satu jebolan Bio Engineer~ weh, gak nyangka :') *yak masih ya pikiran gw dikotak-kotakan kalau jurusan A, B kudunya relasinya ke profesi Y, Z" ternyata gak mesti harus begitu. Jadi buat lo lo yang kuliahnya jurusan apa, profesinya melenceng jauh, it's okay slama lo juga seneng dan bisa nerima. 

Nah, sebagai entertaint Valerie dan Veronika TWNS ini kudu bisa dong ngebangun branding~ epsss gak cuma di dunia entertaint sih, kalau kita mau jadi contect creator juga mesti banget nih diperhatiin soal personal branding, daaan si personal branding ini bisa kita pakai di kehidupan sehari-sehari buat berelasi.

Apasih emang "personal branding itu?", Personal branding itu tuh 'jual diri' dengan cara good way *eh, hahaha. Yesh, personal branding adalah proses memasarkan diri melalui citra yang kita punya. Kalian suka gak sih dighibahin temen? "Eh si Jaenab tadi mukanya gradakan yak?", "Udah lah si Jaenab kan demen banget gonta-ganti skincare liat tuh IG nya banyak doi post banyak skincare", udeh jelek ya bund citra nya si Jaenab. Nah, itu sih pentingnya kita bangun branding, because "your personal brand is what people say about you when you are not in the room". Karena orang bakal omongin kesan mereka menilai diri kita genks jan sedih this is a real~ ahaha.

Biar gak terjadi atau at least meminimalisir dighibahin temen, kita sebagai manusia, pegawai, artis, content creator kudu banget ngebamgun citra yang kece? Gimana sik caranya?

Sebelum ke tahap bangun branding, kita mesti tau dulu nih apaan sih value yang kita punya? Ini bisa berkaitan sama education background, atau ya emang skill yang dimiliki. Misal lo mau ngonten tentang skincare, based educationnya Sains gitu. Ya lo bahas skincare dari segi Sains. Atau kek akunicc anak Sastra tapi demen ngunten futugrapih sama review skincare (waktunya promosi akun~ hahaha, yok mampir ke Instagram aku    https://www.instagram.com/22craftgires/ ) jadi kepsyennya dibikin narasi dengan 'intro' cerita yang related sama sehari-hari.

Kalau kalian bingung value apa yang kalian punya :') atau value apa yang mau kalian tampilin, caranya dengan mikir "gw tuh pingin diliat kek gimana sik di mata orang-orang?" Dan ingeeeetttttt kudu wajib bangun branding itu kudu sesuai sama personality asli kita, apa yang kita suka, tapi tetep control ya namanya di sosial media kan~ apalagi zaman sekarang ya bund, para HR tuh ngecekin akun sosial media kita lho, buat menilai kita tuh persona yang kayak apa sik? Kebiasaanya ngapain aja? Gimana cara berbicara dengan orang lain?


Well, yuks lanjut ke step-step nya~ apa aja yang kudu kita lakukan buat nge-build our personal branding?


1. Choose two platform to focus on, kamu bisa mempelajari platform medsoc mana yang format kontennya contoh kalau kamu suka fotografi, videografi oke tuh di Instagram, Pinterest, suka bikin video yang nyentrik mashok ke Tiktok~ jangan lupa kudu perhatiin algoritma engagement juga biar karya-karya yang kita bikin bisa dirasakan impact yang positifnya buat orang lain.



Anw saat ini algoritma Instagram lagi demen konten dengan format video, why? Karena kalau cuma foto, biar bisa dapet engage minimal kudu ngeklik love dan orang-orang gak semuanya kan ngeluvs futu yang kita post, kalau video kan lebih atraktif plus buat play videonya kan kudu ngeklik dan seringnya jadi double click, eheeee. Jangan lupa kasih cover ya di video yang dibuat, biar orang notice ini tuh video tentang atau mau bahas apa? Bikin videonya jangan kelamaan juga karena orang bakal bosen ya bund, contohnya aku~ ahahaha, males liat video lama-lama. Maks 7-detik menit ya atau ok lah 1 menit, makanya kebanyakan platform attention rate nya cuma 8 detikan~



Dan jangan kebanyakan highlight khusus di Instagram, duh ai terlalu banyak :'). Nanti audience pusing pilih mau baca yang mana, nggak semua audience kan tingkat kepo dan minat bacanya tinggi.


Ada pertanyaan dari peserta "kalau pakai lebih dari 1 sosmed itu bisa gak sih beda fokus pembahasan atau tetep sama?"

Jawaban Valerie and Veronika "better fokus pembahasannya tetep sama cuma formatnya aja kudu menyesesuaikan ciri dari platformnya sendiri", gak mungkin kan lo konsen ke skincare terus post di Tiktok cuma foto skincare dan text aja? Secara di Tiktok identik sama video yang kreatif. 


Nih, aplikasi-aplikasi foto editor, video editor, buat bikin template yang lucu yang bisa kamu coba yesh~


Kalau aku sendiri biasanya buat photo editor itu pakai Lightroom, Snapseed dan Meitu, sedangkan kalau video editor aku pakai Youcut, dan Meitu. Template pakak Nechi, Over, Canva~ Kalau aplikasi andalan kalian apa aja?

Gak ada ada alasan buat nggak bisa bisa bikin creative content, why? Kita sudah difasilitasi yang namanya gadget. Even hanya sekadar hape jadul kayak aku, Redmi 4X, hahaha. 

Buat fokus pembahasan, cari deh 1-2 hm maksimal 3 topik yang bakal jadi main focus anw wajib minimal sesuai passion ya dan unik plus informatif again kalau bisa yang kamu paham seluk beluknya jadi pas nyari infomasi lebih lengkapnya gak patah arang, nghokey? nih kalau bisa yang masih related. Misal segmen fokus fotografi dan masak, bisa tuh masakan di captionnya kasih resep atau macam-macam bahas bumbu dapur ngahaha yang dibuat abis itu dijepret aestetik~ ngahaha.


2. Consistent! Be a must and a big key!!

Ini nih tantangan terbesar seluruh umat, apalagi content creator, ahahaha. Kudu konsisten. Udah makanan sehari-hari kan kalau abis posting mesti melototin notif, kalau sepi dari notif down gak sih? Kudu banyak sabar, nggak bisa instan, dan harus trial and error. Jujur aku sendiri yang kayak tertutup kurang nerima perkembangan trend, dan nggak sebegitu kreatif bikin foat konten yang eyeing yang pasti bakal disukain sama audiences. Postingan kita bisa di-reshare banyak orang dan jadi viral anggaplah bonusnya~ 


3. Know Your Value and be Memorable.

Yesh, ini nih gak pentingsss. Selalu dan belajar dan belajar, misal kayak aku nih kan fokus di selflove and beauty content (mereview produk), jadi nggak cuma sekadar "haeee gaes ada produk baru yang bagus, beuh nih kinclong kan" udah gak zaman *gampang ya bund kalau ngetik, praktiknya sulit :(*, mau gak mau aku juga harus belajar tentang skincare, mulai dari seluk beluk kulit, para bahan yang dipakai di produk, gimana cara kerjanya, nah kan jadi 1 value aku.

Yang masih bingung kira-kira skill apaan aja yang kamu punya dan bisa kamu suguhan ketika build a branding, here they are pilih 2 Strenght dan skill yang sesuai dengan dirimu yes! 

Selanjutnya karena berjamur banget nih skincare reviewer, setiap masing-masing kudu punya ciri khas yang kira-kira ketika lo muncul atau orang inget, tau, baca, denger nama lo si orang ini bakal kepikiran gw orangnya demen ngelawak, humble~ orang tuh teringat dan nyantol kesan yang melekat dari kita. Bisa juga lewat format konten, bikin semenarik dan seunik mungkin, contohnya ASMR, atau video yang berciri khas dan sebagainya. Hal ini juga terkait sama platform di poin sebelumnya ya, jadi kalau misal 1 platform tuh pembahasannya udah terlalu banyak tentang beauty, yesssh kalian harus create something new, bikin satu format konten yang unik sebagai gebrakan yang kece again lagi-lagi perlu trial and error. 




4. Engage With Your Audiences~

Pertama be humble sih, aku dan beberapa webinar yang ku ikuti pasti nyebut kudu ramah, ramah. Bayangin aja anda suka kepoin content creator A tapi shomsenya ampun-ampunan yang ada jadi males.

Nah hal lainnya yang paling utama soal engagement nih, abis ngepost please banget jangan ditinggal 10 menit-1 jam pertama itu momen emas banget buat respon para audience.



Waittt, jangan pergi dulu~ ada diskon dari  Itsmybase, buat yang mau coba Itsmybase skincare personalized~ di 12.12 nanti, dapet diskon 30% omooo setiap beli bundle atau ala carte gak ada minimum purchase nya~





Thank you so much buat Itsmybase yang udah ngadain webinar di tengah kondisi menjengakan ini, dan buat kamu tentunya yang udah berela hati membaca coretan aku kali ini, semoga bisa berdampak dan buat yang mau tanya-tanya boleh komen or hit me on DM Instagram @22craftgires~











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Kulit Sehat Scarlett Whitening

  Pantesan ya rangkaian Scarlett ini viral banget karena efek mencerahkannya bener-bener no tipu-tipu. But.... karena aku tim gak gampang keracunan kalau belum coba sendiri performanya di kulitku so finally karena penasaran aku coba beberapa series dari Scarlett. Anw, tenang aja aku gak bakal bilang "White is beautiful". Nope kok, tapi lembap, cerah, dan terawat is a sign kulit yang sehat~ Pssst, doi ini produk lokal lho~ kalau kalian liat di label sticker-nya ada "Felicya Angelista" yeps karena ownernya itu milik artis Felycya Angelista~ Oiya kemarin aku sempet dapet pertanyaan dari temenku "Scarlett aman gak sih btw?", Chill~ semua produknya Scarlett ini udah BPOM tandanya sah beredar dengan regulasi yang ditetapkan, so aman ya~ Selain itu, Scarlett juga gak pakai metode ujicoba ke hewan, alias Animal Cruelty free!  Kemasannya pun cukup handy jadi gampang dibawa-bawa, yang paling aku seneng handbody Scarlett ini ada  lock- unlock-nya yang bisa dilepas p

Acne Clear Glass Skin Tinka Serum Review

  "Kak ada rekomen serum yang murah gak sih buat mencerahkan?" "Gith, ada serum yang oke gak buat jerawat?". Beberapa hari belakangan aku suka dapat DM serupa.  Jujur, sekarang banyak brand lokal yang berani bersaing segi bahan, formulasi, dan harga yang ditawarkan. Contohnya kayak Tinka Beauty Series ini! Kalau kalian inget aku tuh dulu pernah nge-rave produk Tinka: moisturizer dan tonernya yang aku favoritin poll karena efeknya yang bisa mendobrak "gak semua produk underrated tuh gak oke tauuuu". Yeps, sedih waktu pertama kali coba rangkaian basic skincare dari Tinka yang menurut ku oke tapi orang-orang belum banyak tau, sama halnya waktu coba dua serummya ini~ sama-sama oke buat ukuran serum harga kantongku (under 150k!) Kalau soal oke gak oke sifatnya subjektif gimana kita ngartiin produk yang cocok or nggak sama kulit kita, dan gak semua perspektif bisa dipaksain, ya gak sih? Di si A gak cocok lalu dia bilang gak oke, ya kenapa? Si B cocok bilang oke,

Sensacion Shower Cream

  Poin ++ banget di usia yang mulai renta, mana kulit dry dehydrted tapi kulit gak kisut krontang. Yuhuuu, mau spill body wash yang bisa bikin bersih, harum, lembap, dan cerah! Udah ada berapa tuh ges + nya? Kalau kemarin pas very first impression pada angkat suara sabun susu embek itu endull di body karena mengandung Protein, Vitamin A, dan D! Yang dabest buat anti aging-antioxidant, ngurangin peradangan di kulit. Yesh! Bener sih, setelah masuk mau 2 minggu pakai Sensacion yang Secret Blush dan Scarlet Dreams ini rasanya beda waktu 1,2-3x pakai, tau nggak bedanya apa? Gini juga gak sik kalian butuh waktu buat emang tau bener-bener jodoh ato nggak sebenernya kita tuh? *Eh.. Lanjottt yok! Kalau di awal pakai masih kerasa sedikittttt kesat CUMA DI BEBERAPA MENIT AWAL~ sekarang-sekarang nggak malah buat ukuran sabun dia moisturizing enough! Cerahnya gimana? Karena ini sabun bukan dukun jadi butuh ber.pro .ses~ Texture wise Sesuai klaim shower cream yang umumnya berbentuk cream and so y