Langsung ke konten utama

Glow Up Welcoming 2021

Say Goodbye 2020, Hello Glow Up Welcoming 2021!




Seneng banget waktu buka Whatsapp terus cek grup Beautynesia, mereka lagi ngadain event "Glow Up Welcoming 2021" dengan sharing skincare apa sih yang kita kita pakai biar bisa glow up? 

Anw, udah pada belum apa sik Beautynesia itu? Beautynesia (https://www.instagram.com/beautynesia.id/
) merupakan salah 1 daily and beauty platform naungan Detik.com. Dengan adanya event sharing Glow Up Welcoming 2021 ini, gw bisa numpahin apa aja hal-hal yang udah dilakukan, hal-hal yang lagi proses dipelajari. Thank you Beautynesia selalu membuka kesempatan supaya agar kita-kita bergerak maju ke depan!

Sebelumnya, aku mau share dulu ah tentang glow buat buat aku apaan sik? Glow secara harafiah emang artinya kinclong, tapi menurut aku sendiri kinclong itu gak hanya berupa muka yang cerah menterang bak lampu petromax tapi juga harus glow inside, emotional manage, self and skill development, kinds to another people in there. 

Menghitung hari dari Februari di rumah mele, yaaa kulit sensitip, kering, dehidrasi, jerawatan, belum lagi mask-acne *zoom in zoom out*, gak berasa ya 2020 kita udah lewatin dengan penuh ketawa ketiwi, insecure boost mood lagi, bosen rrrrrhhhh, apa aja hal-hal tersulit yang kalian rasain selama di 2020 ini?
,
kalau aku boseeen rutinitasnya itu lagi itu lagi, ketemu nya dapur lagi lagi aw~ belum muka jadi kering, dehidrasi parah kurang hawaaa nih mukaaa kurang secara kudu dokem di rumah teeus. 2021 tinggal hitungan detik lagi, walo di rumah aja, kita semua pengen dongs tetep glow up, dan suseh banget sadari kalau glow up itu bukan "beh gile muke lu kena sinaran lampu sorot, bund?" Yesh gak cuma dari luar tapi juga dari dalemmmmm. Gimana tuh? 



Be organized deh, mulai dari hal-hal kecil. Misalnya, bikin skincare tracker. Ngomong-ngomong skincare, aku tim basic skincare + exfoliating pantang mundur maju syantique. Even cuma paka basic skincare bisa kok glow up, hah gimana tuh caranya? Hydrated yang cukup, kenapa? Karena kulit kita itu butuh air dan minyak yang cukup biar tetap kejaga kelembapannya, kalau lembap nih penyerapan skincare bakal bekerja dengan baik dan finishnya keliatan muka yang sehat, cerah merata, my opinion kulit glow up itu bukan sekadar  mentereng kinclong walaupun secara harfiah artinya glow ada kinclong~ 

Biasanya skincare yang aku pakai mulai dari fisrt cleanser, second cleanser nah pastiin pilih cleansernya yang gak harsh di kulit biar kesehatan dan kelembapan kulit tetep terjaga. Lanjut pakai hydrating toner ini penting bagi aku yang dry skin biar kondisi pH kulit abis cuci muka kembali ke pH kulit normal ditambah ngebantu penyerapan skincare selanjutnya, tentu ajaaa buat nambah kadar air di kulit juga~

Well next, ke serum, ini optional kalau sekarang misal kulit lagi ngerasa dry banget nambah slot hydrating serum yang mengandung Hyaluronic Acid, Glycerin dan humectant agent lainnya. Terus ke slot moisturizer step skincare harus dipilih sesuai tipe kulit, permasalahan kulit. Aku suka moisturizer yang gak greasy apapun texturenya, mau finishnya matte, glow atau apapun yang penting melembapkannya awet! Hahahah.

Yok ke step sunscreen, puhlis kalau kalian males moisturizeran cari aja deh sunscreen yang sekalian bisa jadi moisturizer, biasanya kerasa dari finishnya yang bikin kulit jadi lembap~ sunscreen ini wajib ya, biar kulit yang udah di-skincare-in nih kejaga dari serangan sinar UVA dan UVB yang bisa bikin muka jadi bintik-bintik coklat, gosong, bahkan nyebapin kanker kulit.

Sekarang tinggal pakai lips treatment, nggak cuma muka, bibir juga perlu dijaga kelembapannya, sekarang aku lagi pakai lipgloss yang sheer kebetulan lipgloss nya bisa jadi alternatif lipbalm di bibir, bibir jadi keliatan sehat, shiny, bounch~ kalian bisa pakai lipbalm yang ber SPF juga~

Terakhir biar nambah glow up pakai parfum dan handbody, hahah aku lagi males sih pakai handbody :') parfum biar gak kecele kalau ketemu orang ternyata bau badan semerbak, parfum yang aromanya pas dengan selera kita bakal bikin relax :)


Biar kalian nggak bingung, acu dah rangkum sedikit step-step apa aja yang kudu kita semua lakukan biar glow up luar dalem~


• Manage pikiran

ini paling sulit sih. Biar sedikit nggak kerasa susah, kelola ekspetasi ^^ fokus do the best all we can do, yang penting prosesnya bukan hasilnya. Selanjutnya coba deh mulai organized, ngeplan to do dari yang sifatnya harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Gitu juga sama target yang kamu kita shoot! Di rundown, di mulai dari step "kenapa gw memilih tujuan itu?", terus "step by step biar kecapai apa aja yang harus dilakuin", bisa juga bikin tracker, mulai dari habit, skincare, jam tidur, mood, minum, olahraga dan lainnya. Jangan lupa buat gratitude journal biar terlatih mikir hal-hal baik yang kita dapat setiap hari mau sekecil apapun itu. 


**Waktunya ngiklan check✓ buat buat kalian yang bingung pas mau journaling-an cus cus merapat ke Instagramnya @plannerandjournal(https://www.instagram.com/planner and journal) yes! 


Kalau tadi udah ngeplan, namanya manusia punya otak, kehidupan, urusan, kerjaan jadi kebawa mikir terus riuh tuh di kepala. Manage our stress, gak kalah sulit :'), but waktu panjang. Biar kedistrak dikit, pertama atur napas, jangan lupa ngobrol dikit sama Tuhan, boleh banget melampiaskan caci maki, kekeselan, kesedihan di journal bebas mau nulis atau coret-coret juga boleh bahkan ada journal yang dijual khusus dirusakin. Atau curcol ke temen terdekat dan bisa dipercaya.

Jangan terlalu keras sama diri sendiri, sesekali me time tapi jangan berlebihan, siapin waktu buat ngerjain hal-hal positif yang disuka, makan makanan yang kita suka, ngobrol ngabisin waktu sama orang terdeket dan ngertiin kita. Next meditasi, bisa dengan yoga sendiri di rumah, cari aja di Youtube, olahraga pagi, merenung sebelum tidur kayak ngapain aja dari mulai melek sampai mau tidur lagi? Ada yang salah atau harus diperbaikin nggak? Maafin diri sendiri, dan orang lain terus jangan lupa dongs ya wajib beribadah khusyuk. 

• Konsumsi makanan cukup gizi

Makan makanan yang bergizi seimbang dan kaya antioksidan, antioksidan ini membantu melawan radikal bebas untuk ngelindungin sel kulit dan resiko terkena kanker. Contoh makanan kaya antioksidan ada pada sayur dan buah-buahan, seperti wortel, ubi, labu, tomat, buat bit, semangka, apel, jeruk, mangga, jambu paprika, dan sayuran hijau seperti brokoli, kacang polong. Jangan lupa! minum air putih, dan tidur yang cukup.


Yeshhhh, selesei ugha yang glow inside! Naaaah, tandanya kudu pindah ke glow ouside alias skincare yang kita butuhkan kalau mau glow up~


1. Cleanser

buat ngebersihin pori dari minyak,  sisa kotoran yang bisa bikin pori kesumbat, muka jadi kusam.  Pilih cleanser sesuai jenis dan permasalahan kulit yes. Cari cleanser yang gak bikin kulit kita jadi kering, ketarik sehabis cuci muka. Waktu cuci muka, pijet muka dengan lembut dengan arah memutar dari bawah sampai ke anak rambut, pastiin bagian depan lubang hidung juga dibersihin, belakang kuping, leher pun! 


2. Exfoliating-an!


Gesss, exfoliating proses pengelepasan lapisan luar sel kulit mati pakai "medium" ntah itu toner yang mengandung AHA, BHA, PHA maupun yang bersifat physical yang membutuhkan 'alat' buat prosesnya kayak scrubbing, brush cleansing, spons cleansing. Pengelepasan sel kulit mati ini bisa bikin permukaan kulit jadi lebih halus dan katanya bisa memantulkan cahaya kalau kulit terkena cahaya~ 


3. Pakai sunscreen!


Yoks kalau malemnya abis pakai exfoliator product dan skincare jangan lupa paginya, karena kalau abis exfoliatingan kulit kikita sensitif akan sinar. Janlup~ pakai sunscreen yang ada SPF nya, minimal SPF 30, biar kulit bisa terlindungi dari paparan sinar UVA dan UVB yang bisa bikin kulit keluar flek penuaan, gosong, bahkan kanker kulit. Pemilihan SPF nya sesuaiin aja sama banyaknya kegiatan di dalam atau luar ruangan, pakai sunscreen wajib sesuai takaran 2-2 setengah jari dan reapply setiap 2-3 jam sekali atau setelah terkena air; keringetan, habis berenang. 

4.  Brightening skincare

Pilih skincare bisa dalam bentuk moistirizer, serum yang mengandung bahan yang bisa mencerahkan dan meratakan warna kulit. kayak Vitamin C sebagai antioksidan yang bisa mencerahkan kulit dengan cara ngeblokir enzim yang menghasilkan pigmen. 


Niacinamide, yang dapat memperlambat produksi pigmen jadi warna kulit keliatan lebih merata. Bisa juga pakai skincare yang mengandung Alpha Arbutin yang bisa mencerahkan kulit, menghilangkan bekas jerawat dengan kerjanya yang memperlambat produksi enzim Terosinase yang bisa mengurangi produksi Melanin. Kalau dipakai secara konsisten dan rutin dalam waktu minimal 3 bulan bakal keliatan perubahannya. 

5. Hidrasi yang cukup!

Selanjutnya hidrasi! Kalau kurang dihidrasi kulit jadi kusam, nimbul kerutan, karena kulit sendiri perlu air untuk mengikat kelembapan ke dalam lapisan dengan cara menarik molekul air ke kulit. 

Pastiin pakai skincare yang bisa menghidrasi kayak pakai hyrating toner dan pelembab yang mengandung Humectant agent seperti Hyaluronic Acid, Glycerin, Lactic Acid,  Aloe Vera, Seaweed, Alpha Hydroxy Acid. Ada juga Humectant agent yang dibuat secara sintetis kayak Sorbitol, Butylene Glycol, Sodium PCA. Optional bisa juga nih pakai sheetmask secara rutin atau dalam 1 minggu pakai 2x, bebas~ asal nggak kurang dan kelebihan!

Cara di atas bisa ngebantu buat jaga kesehatan dari dalam dan luar yang berpengaruh bikin kulit jadi glow up! Bisikin juga dongs cara glow up ala kalian. 

Okeee, karena udah jam 3 kurang, aku mau mandi dulu hahaha. Semoga tulisan kali ini ada sedikit faedah ya! Stay health and be glow up! 



























 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Kulit Sehat Scarlett Whitening

  Pantesan ya rangkaian Scarlett ini viral banget karena efek mencerahkannya bener-bener no tipu-tipu. But.... karena aku tim gak gampang keracunan kalau belum coba sendiri performanya di kulitku so finally karena penasaran aku coba beberapa series dari Scarlett. Anw, tenang aja aku gak bakal bilang "White is beautiful". Nope kok, tapi lembap, cerah, dan terawat is a sign kulit yang sehat~ Pssst, doi ini produk lokal lho~ kalau kalian liat di label sticker-nya ada "Felicya Angelista" yeps karena ownernya itu milik artis Felycya Angelista~ Oiya kemarin aku sempet dapet pertanyaan dari temenku "Scarlett aman gak sih btw?", Chill~ semua produknya Scarlett ini udah BPOM tandanya sah beredar dengan regulasi yang ditetapkan, so aman ya~ Selain itu, Scarlett juga gak pakai metode ujicoba ke hewan, alias Animal Cruelty free!  Kemasannya pun cukup handy jadi gampang dibawa-bawa, yang paling aku seneng handbody Scarlett ini ada  lock- unlock-nya yang bisa dilepas p

Acne Clear Glass Skin Tinka Serum Review

  "Kak ada rekomen serum yang murah gak sih buat mencerahkan?" "Gith, ada serum yang oke gak buat jerawat?". Beberapa hari belakangan aku suka dapat DM serupa.  Jujur, sekarang banyak brand lokal yang berani bersaing segi bahan, formulasi, dan harga yang ditawarkan. Contohnya kayak Tinka Beauty Series ini! Kalau kalian inget aku tuh dulu pernah nge-rave produk Tinka: moisturizer dan tonernya yang aku favoritin poll karena efeknya yang bisa mendobrak "gak semua produk underrated tuh gak oke tauuuu". Yeps, sedih waktu pertama kali coba rangkaian basic skincare dari Tinka yang menurut ku oke tapi orang-orang belum banyak tau, sama halnya waktu coba dua serummya ini~ sama-sama oke buat ukuran serum harga kantongku (under 150k!) Kalau soal oke gak oke sifatnya subjektif gimana kita ngartiin produk yang cocok or nggak sama kulit kita, dan gak semua perspektif bisa dipaksain, ya gak sih? Di si A gak cocok lalu dia bilang gak oke, ya kenapa? Si B cocok bilang oke,

Sensacion Shower Cream

  Poin ++ banget di usia yang mulai renta, mana kulit dry dehydrted tapi kulit gak kisut krontang. Yuhuuu, mau spill body wash yang bisa bikin bersih, harum, lembap, dan cerah! Udah ada berapa tuh ges + nya? Kalau kemarin pas very first impression pada angkat suara sabun susu embek itu endull di body karena mengandung Protein, Vitamin A, dan D! Yang dabest buat anti aging-antioxidant, ngurangin peradangan di kulit. Yesh! Bener sih, setelah masuk mau 2 minggu pakai Sensacion yang Secret Blush dan Scarlet Dreams ini rasanya beda waktu 1,2-3x pakai, tau nggak bedanya apa? Gini juga gak sik kalian butuh waktu buat emang tau bener-bener jodoh ato nggak sebenernya kita tuh? *Eh.. Lanjottt yok! Kalau di awal pakai masih kerasa sedikittttt kesat CUMA DI BEBERAPA MENIT AWAL~ sekarang-sekarang nggak malah buat ukuran sabun dia moisturizing enough! Cerahnya gimana? Karena ini sabun bukan dukun jadi butuh ber.pro .ses~ Texture wise Sesuai klaim shower cream yang umumnya berbentuk cream and so y